Revolusi Industri 4.0

Indonesia sekarang ini sudah memasuki era Industri 4.0, yang antara lain ditandai dengan serba digitalisasi dan otomasi. Tetapi, belum semua elemen masyarakat menyadari dampak dari perubahan-perubahan yang ditimbulkannya. Era Industri 4.0 akan terus menghadirkan banyak perubahan yang tak bisa dibendung. Karena itu, ada urgensinya jika negara perlu berupaya maksimal memberi pemahaman kepada semua elemen masyarakat tentang era Industri 4.0 dengan segala dampak yang akan terjadi. Langkah ini penting karena belum banyak yang berminat memahami Industri 4.0. Masyarakat memang sudah menjalani beberapa perubahan itu, tetapi kepedulian pada tantangan di era digitalisasi dan otomasi sekarang ini masih terbilang minim. 

Maka, negara harus mengambil inisiatif mendorong semua elemen masyarakat lebih peduli era Industri 4.0. Dengan memberi pemahaman yang lebih dan mendalam, masyarakat dengan sendirinya akan terdorong untuk siap menghadapi perubahan-perubahan dimaksud. Menjadi sangat penting jika mendorong sektor pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan tantangan dan kebutuhan pada era sekarang ini. Kurikulum yang membuka akses bagi generasi milenial mendapatkan ilmu dan pelatihan untuk menjadi pekerja yang kompetitif dan produktif.

Revolusi Industri 4.0 juga akan menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru akibat dari perkembangan teknologi. Efek dari revolusi nya ini bukan mengganti pekerja, tetapi mengganti pekerjaannya, jadi butuh skill-set baru. Namun, yang harus dilakukan adalah pemerintah dan perusahaan menyiapkan kurikulum dan struktur pendidikan yang mampu mengatasi perubahan skill-set. Negara harus serius dalam upaya mengatasi perubahan ini.

Selain itu, generasi milenial pada era ini dituntut untuk meningkatkan kapasitas. Tak cukup hanya dengan penguasaan teknologi, tetapi harus dilengkapi penguasaan sejumlah bahasa asing agar bisa komunikatif pada tingkat global. Peningkatan kapasitas pekerja milenial itu bisa diwujudkan melalui pelatihan, kursus dan sertifikasi. Industri dan institusi pendidikan pun harus peduli pada isu tentang peningkatan kapasitas pekerja di era Industri 4.0 ini.Akan menjadi sangat ideal jika program peningkatan kompetensi SDM itu bisa masuk dalam kurikulum pendidikan sejak pendidikan dasar untuk menyiapkan generasi milenial yang kompetitif dan produktif.

Comments

Popular posts from this blog

"SMART" Concept - GOJEK

Application Programming Interface (API)